Senin, 23 November 2015

Mencuri Ilmu TI dan Inovasi Media BK Edisi Hari Ini



Halo gengs.... Apa kabar? Semoga selalu sehat.
Hari ini, aku akan menceritakan kegiatan perkuliahanku di hari Senin yang ceria ini.

Kuliah hari ini, seperti biasanya berjumpa dengan mata kuliah Teknik Informatika dan Inovasi Media BK. Waktu saya masuk ke laboratorium komputer, ternyata dosen terkece dan terkeren bapak Iwan Binanto sudah stay di lab. Setelah mengirimkan pekerjaan minggu lalu yaitu membuat diagram nilai akhir lewat excel ke exelsa (tempat mengirimkan tugas anak USD), Pak Iwan memberikan kami ilmu baru yaitu bagaimana memanfaatkan Google dengan baik dan benar sebagai tempat pencarian agar apapun yang kami cari bisa ditemukan dengan cepat.

Berikutnya, Pak Iwan mengajarkan kami untuk membuat dokumen sekaligus mengeditnya bersama-sama dengan teman-teman lainnya. Kami disuruh untuk membuka halaman baru yaitu docs.google.com. Setelah itu kami diarahkan untuk bersama-sama bekerja mengisi identitas lewat exelsa yang tersedia di docs.google.com . Syarat untuk bisa bekerja sama di sini adalah memiliki akun gmail. Akun gmail kami semua di masukan satu persatu dan setelah berhasil  di undang, kami mulai bekerja sama bahu-membahu mengisi no. Urut, nama, alamat dan no. Hp masing-asing dari kami. Sambil mengerjakan sesekali kami saling chat agar tidak bosan. Dari sini saya memperoleh ilmu baru yaitu apabila kita ingin mengerjakan suatu tugas kelompok  tetapi tidak punya waktu, kita bisa memafaatkan docs.google.com untuk menyelesaikan tugas tersebut, tanpa perlu bertemu secara langsung. Selesai mengisi data, kami dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk membuat sebuah dokumen di docs.google.com. Kelompok saya terdiri dari saya sendiri, Sr. Vero, Sr. Damiana, Fr. Aby, Vincent, Joice, dan Eko memutuskan untuk membuat dokumen yang berisi cerita pengalaman selama berkuliah di BK. Saat mengerjakan ini, banyak kejadian lucu sehingga kami sendiri suka tertawa dan kurang serius dalam mengerjakan dokumen ini.

Selanjutnya oleh Pak Iwan kami diajarkan ilmu baru lagi yaitu membuat blog. Bapaknya di sini dengan sabar mengarahkan kami untuk membuat blog lewat blogspot tahap demi tahap. Sambil membuat blog di sini, bapaknya berjalan dari tempat ke tempat untuk membantu beberapa teman yang kurang paham. Dalam pembuatan blog ini, banyak kendala yang dialami oleh beberapa teman-teman seperti misalnya blog yang dibuat tidak dapat untuk dibuka atau dilanjutkan. Menurut bapaknya kemungkinan besar, pihak google menutup jalur akses untuk membuat blog ini, karena di saat yang bersamaan banyak sekali yang membuat blog. Mungkin pihak google takut adanya penyerangan besar-besaran lewat pembuatan blog ini (heheheh.... kalau tidak salah sih informasinya). Setelah selesai membuat blog, bapaknya memberikan tugas untuk mengupload link artikel atau cerita tentang kegiatan perkuliahan mata kuliah yang kita buat di blog pribadi kita ke exelsa paling lambat sampai jam 12 malam.

Hari ini banyak sekali ilmu yang telah saya dan teman-teman dapatkan. Terima kasih untuk dosen makul ini yang selalu sabar menghadapi tingkah laku kami dan tetap setia untuk mengajar kami. Semoga apa yang kami dapat ini, bisa banyak berguna untuk masa depan kami terutama untuk membantu perkuliahan kami.... (cie...cie co cweet banget,,,, hehehe).
SELAMAT BERJUANG GENGS....Tuhan memberkati kita semua !

0 komentar: